Sosial Media Cerdas

Saat ini siapa sih yang gak tau tentang sosmed (social media), banyak orang menggunakan sosmed. Seperti pelajar, mahasiswa, guru, dan dapat dikatakan sosmed menjangkau semua masyarakat. Bahkan saat ini anak tingkat Sekolah Dasar (SD) aja udah gak asing lagi sama sosmed. Setiap orang menggunakan sosmed untuk berbagai kebutuhan baik itu berjualan online (online shop), berkenalan, atau sekedar mencari hiburan. Pada sosmed kita juga banyak orang berbagi hal-hal penting seputar kejadian di dunia nyata sehingga orang yang berada di belahan dunia lain dapat langsung mengetahui informasi tersebut. Nah bagaimana jika berita tersebut tidak benar lalu di lihat kemudian diketahui oleh orang yang belum paham asal usul kejadian tersebut. Ada beberapa hal penting agar kita lebih bijak menggunakan sosmed kawan :

1. Miliki sosmed sesuai kemampuan akses anda. Kita jangan mencoba untuk membuat banyak sosmed tetapi kita tidak mampu  mengakses semua sosmed . Selain itu banyaknya sosmed akan membuat kita menjadi terlalu banyak menghabiskan waktu di dunia maya daripada dunia nyata.

2. Selalu amankan beberapa data penting yang menyangkut pribadi anda di internet, misalnya nomor telepon/hp anda yang ada di profil sosmed, pengaruhnya adalah orang dengan mudah memanfaatkan hal-hal negative dengan nomor telepon kita. Ini bukan su’udzhon atau berburuk sangka, hanya saja langkah ini diperlukan agar dikemudian hari tidak terjadi apa-apa.

3. Cerdas dalam berbagi berita, ya sosmed  memotivasi orang untuk berbagi kepada siapapun tentang informasi penting. Sikap itu tidak salah, namun jangan sampai informasi yang kita bagikan  adalah informasi palsu sehingga akan menimbulkan fitnah atau ketidaknyamanan orang lain. Kejadian tersebut banyak sekali muncul di sosmed.

Itulah beberapa hal penting agar cerdas menggunakan sosmed. Solusi terbaik adalah pastikan setiap berita yang kita lihat agar selalu kita cek dulu kebenarannya Sehingga ketika kita berbagi pun menjadi lebih asik dan menyenangkan karena kita tahu informasi yang sebenarnya. Selamat bersosmed ria kawan, ingat selalu cerdas ya dalam menggunakannya.
Disqus Comments