Cara Membuat Fokus Photo

Hallo sahabat, suka mengedit photo? tentu suka ya dan pastinya banyak aplikasi yang dapat kita gunakan dalam mengedit photo. Salah satunya adalah photoshop. Kali ini sahabat warnaetam.blogspot.com bakal memberikan tutorial/cara membuat fokus photo dengan adobe photoshop. Adapun cara dibawah ini menggunakan photo saya sendiri dan jika sahabat ingin mencobanya silahkan menggunakan photo apa saja yang terpenting yang nyaman buat sahabat edit. Caranya sebagai berikut:
1. Buka aplikasi adobe photoshop kamu dan buka photo pilihan yang akan kamu edit
Sebelum di edit
2. Seleksi dengan menggunakan magic wand tool/pen tool dan berbagai cara seleksi. Pada proses ini saya menggunakan magic wand tool. Sehingga photo menjadi seperti ini:

hasil seleksi pada background
3. Karena saya melakukan seleksi pada bagian background terlebih dahulu, maka untuk otomatis melakukan seleksi pada objek photo. Sehingga kita diharuskan mengklik select -> inverse atau bisa juga menggunakan shortcut SHIFT + CTRL + I . Setelah di inverse langsung tekan CTRL+J untuk menduplikat. Maka hasil nya seperti ini:
hasil seleksi pada objek setelah di inverse
4. Selanjutnya silahkan klik dua kali pada layer yang sudah di duplikat tadi, dan klik stroke ubah warna hitam menjadi putih. Hasilnya begini:
hasil stroke berwarna putih
5. Langkah selanjutnya adalah klik, layer 0 / layer paling bawah dan lakukan filter dengan memilih FILTER -> BLUR -> GAUSSIAN BLUR. Aturlah tingkat blur sesuai keinginan
hasil setelah background di blur
6. Langkah terakhir adalah hilangkan tanda mata stroke pada layer paling atas untuk menambah fokus objek photo
hasil setelah stroke dihilangkan
7. Hasil gambar menjadi lebih fokus dan bandingkanlah perbedaan sebelum di blur dan sesudah. Selamat mencoba dan percaya pasti bisa.
hasil akhir fokus photo

Kesimpulannya adalah membuat fokus photo disini adalah dengan teknik melakukan blur pada background photo sehingga menambah objek semakin timbul/fokus. Terima kasih sudah berkunjung silahkan tinggalkan jejak ya sahabat.





Disqus Comments